Kamis, 08 November 2012

SELAYANG PANDANG


Sekolah Dasar Islam Darussalam berdiri sejak 17 Juli 1994 merupakan unit pendidikan yang diselenggarakan oleh Perguruan Islam Darussalam (PID) yang merupakan badan otonom di bawah naungan Yayasan Pembangunan Umat Islam Darussalam (YPUID).
Sekolah Dasar Islam Darussalam berstatus swasta dengan nomor statistik sekolah 101022502017 berdomisili di Jalan Mahoni Pondok Pekayon Indah Blok C Kelurahan Pekayon Jaya Kecamatan Bekasi Selatan Kota Madya Bekasi. Letak sekolah ini berada di tengah-tengah komplek Pondok Pekayon Indah Bekasi.
Menurut direktur Perguruan Islam Darussalam bahwa pada tahun 1986 saat kompleks perumahan Pondok Pekayon Indah Bekasi mulai diisi oleh para penghuninya, saat itu kondisi di Pondok Pekayon Indah dan sekitarnya belum ada model sekolah yang menyelenggarakan sistem Fullday School. Model sekolah ini memungkinkan anak untuk mempelajari kurikulum pendidikan nasional dan sekaligus mempelajari kurikulum pendidikan keagamaan yang dibuat oleh sekolah. Beberapa tokoh saat itu bersepakat bahwa perlu dibangun masjid sebagai sarana ibadah dan sarana untuk menjalin ukhuwah diantara umat muslim.
Dengan diprakarsai oleh beberapa tokoh masyarakat, saat itu mereka bersepakat akan mendirikan suatu yayasan Islam yang dapat menampung dan menyalurkan kegiatan keagamaan warga muslim, akhirnya terbentuklah suatu yayasan yang diberi nama Yayasan Pembangunan Umat Islam (YPUI) Darussalam dan juga dibangunnya sebuah masjid yang terletak di tanah pemerintah yang diperuntukkan untuk sarana umum dan sosial.

Perkembangan selanjutnya para pemrakarsa kurang puas dengan hanya mendirikan masjid. Dengan semangat yang tinggi mereka berkeinginan untuk membuat yayasan lebih luas manfaatnya bagi masyarakat. Para pendiri mengumpulkan dana sebagai modal awal, dan menghadaplah beberapa pendiri yayasan ke notaris, yaitu : Bapak Zainoel Abidin, Harada Nurdin, dan Muhammad Zubaidi untuk menyelesaikan semua prosedur membentuk yayasan. Akhirnya selesai dan keluarlah akte pendirian yayasan dengan Akte Notaris nomor : 4, tertanggal 6 Januari 1987 dengan notaris Soedirdja , S.H. dengan 3 kegiatan pokok, yaitu bidang pendidikan, da’wah dan bidang sosial kemasyarakatan.

Dengan tiga kegiatan utama tersebut, kemudian dikembangkan menjadi beberapa unit usaha yang dapat menyalurkan kegiatan yayasan, diantaranya : 1) Untuk bidang Pendidikan, didirikannya beberapa unit yang ada di bawah koordinasi bidang pendidikan, yaitu : Madrasah (1987) yang kemudian berkembang menjadi TK Al-Qur’an (1990) dan Taman Pendidikan Al-Qur’an dan TK Islam (1991), kemudian SD Islam (1994). Dengan berkembangnya beberapa unit pelaksana pendidikan tersebut, maka pada tahun yang sama dengan saat dibukanya SD Islam, maka seluruh unit usaha yang bergerak di bidang pendidikan dibuat suatu wadah yang bernama Perguruan Islam Darussalam (PID) dengan SK Pendirian No. :Kep.B.Sek-0840294.Tahun 1994 yang dikeluarkan oleh YPUID, yang dipimpin oleh seorang Direktur yaitu Bapak H. Harada Nurdin dengan SK pengangkatan yang dikeluarkan oleh YPUID dengan nomor : B.Sek.- 0750294 .

Dengan didirikannya Perguruan Islam, maka unit pendidikan terus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan permintaan masyarakat, yaitu didirikannya SMP Islam (1997) dan SMA Islam (2005)

Penyelenggaraan SD Islam Darussalam dilatarbelakangi oleh kondisi obyektif pelaksanaan pendidikan di Indonesia yang digelar oleh dua departemen, dalam hal ini Departemen Agama dan Departemen Pendidikan Nasional. Menurut analisa Direktur, Output pendidikan yang digelar Depag lebih menekankan pada penguasaan IMTAQ dan kurang pada penguasaan IPTEK, sedangkan Output pendidikan Depdiknas sebaliknya. Dengan melihat kronologis diatas, maka penyelenggaraan SD Islam Darussalam tiada lain adalah untuk mengatasi kesenjangan antara keduanya melalui penyelenggaraan sekolah Islam dengan memanfaatkan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi dengan mengacu pada aspek pendidikan Dasar formal dalam hal ini Departemen Pendidikan Nasional.

Awal berdiri pada tahun 1994 dengan 3 personil satu orang direktur, satu orang kepala sekolah, satu orang wali kelas dan 16 peserta didik. Lulusan pertama tahun 2000 dengan angka kelulusan100% dan mencapai target rata-rata nem 8,2. sejarah terus terukir hingga tahun ajaran 2006/2007 tahun ini jumlah siswa telah mencapai 759 siswa.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar